Produktivitas Kerja Meningkat Karena Memelihara Hewan

Tahukah anda ternyata dengan memelihara hewan anda dapat meningkatkan produktivitas kerja anda. Mungkin dalam benak anda bertanya-tanya kenapa bisa begitu, padahal mengurus hewan bukan hal yang mudah jika anda sudah bekerja. Setiap hari anda harus memberinya makan, membersihkan kandangnya, dan merawatnya. Tidak masalah jika anda mempunyai uang lebih untuk melakukan perawatan hewan di salon hewan, namun jika budget anda sedikit dan harus ditambah mengurus hewan tentunya anda akan memikirkannya berulang kali. Mungkin anda berpikiran mengurus atau merawat hewan hanya akan membuang waktu dan tenaga anda, buanglah semua anggapan negatif tersebut karena berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli di luar negeri memelihara hewan ternyata dapat meningkatkan produktivitas anda di tempat kerja.
Memelihara Hewan
Produktivitas Kerja Meningkat Karena Memelihara Hewan

Para peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa para karyawan yang memelihara hewan di rumahnya mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi dalam bekerja. Penelitian ini dilakukan oleh para ahli psikologi dan juga dokter hewan, dalam penelitian ini diambil sekitar 500 responden. Dalam penelitian juga diungkapkan bahwa orang yang masih berusia muda mempunyai ketertarikan yang lebih pada hewan dibandingkan dengan orang yang sudah tua. Tidak hanya itu para responden juga ditanyai mengenai bagaimana keseharian mereka para pekerja yang mempunyai hewan peliharaan di rumah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai hewan peliharaan di rumah cenderung mempunyai hubungan sosial masyarakat yang baik. Melalui hewan peliharaan orang akan lebih dikenal oleh masyarakat sekitarnya. Ini dikarenakan ketika anda mengajak hewan peliharaan anda jalan-jalan atau bermain di luar rumah tentunya anda akan berkomunikasi dengan masyarakat sekitar rumah anda. Dengan begitu hubungan sosial anda dengan masyarakat sekitar akan terali dengan baik, apalagi jika anda memelihara hewan yang lucu dan manis. Selain hewan yang lucu dan manis anda juga bisa memelihara hewan lainnya yang mungkin menjadi daya tarik sendiri di lingkungan anda.
Hubungan hewan dengan yang memeliharanya juga dapat menimbulkan peningkatan rasa empati sang pemilik. Semakin aktif dan sering pemilik berinteraksi dengan hewan peliharaannya maka akan meningkatkan kontribusi pemilik dengan masyarakat dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Hewan juga dapat memupuk rasa percaya diri sang pemilik, pemilik bisa mendapatkan pusat perhatian karena hewan peliharaannya, hal inilah yang dapat memupuk rasa percaya diri sang pemilik. Bagi anda yang masih minder di tempat kerja mungkin dapat mencoba memelihara hewan, dengan sendirinya rasa percaya diri anda akan meningkat.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa karyawan yang mempunyai hewan peliharaan akan lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan tentunya hidup tidak akan sepi, setiap pulang kerja pasti sudah ada yang menyambut di depan pintu atau jika anda masih sumpek anda juga bisa bermain-main sejenak dengan hewan peliharaan anda untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Selain itu hewan peliharaan juga dapat menghibur anda dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.
Dari hasil penelitian juga di dapatkan bahwa karyawan yang memelihara hewan di rumahnya mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi. Hal ini disebabkan dengan memelihara hewan di rumah anda di tuntut untuk merawat dan juga membersihkan kandangnya setiap hari, hal ini secara tidak langsung juga mempengaruhi tingkat ketelitian pada saat bekerja. Karyawan yang kurang teliti pada saat bekerja akan menjadi lebih teliti ketika mempunyai hewan peliharaan di rumahnya. Selain teliti dalam bekerja juga dapat meningkatkan ketelitian anda dalam mengerjakan berbagai hal.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika memelihara hewan. Produktivitas anda dalam bekerja tentunya akan semakin meningkat ketika rasa percaya diri semakin meningkat, ketelitian juga meningkat, serta hubungan dengan orang sekitar juga baik. Tidak perlu ragu lagi untuk memulai memelihara hewan di rumah. Untuk permulaan anda tidak perlu memelihara hewan yang membutuhkan perawatan ekstra, anda dapat memilih hewan peliharaan yang mudah dirawat, misalnya saja kucing, anjing, ikan dan berbagai jenis hewan lainnya yang mudah dalam merawat dan juga memberinya makan. Tidak masalah hewan apa yang anda pelihara yang terpenting adalah manfaat yang dapat anda ambil dari memelihara hewan. 

Tinggalkan Komentar: