Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dan Otak Anak Dengan Hewan Peliharaan

Binatang peliharaan atau hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan kecerdasan anak baik secara emosi, mental maupun otak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang mempunyai binatang di rumahnya lebih cerdas dari pada anak yang tidak mempunyai binatang peliharaan. Para orang tua juga harus mengetahui apa saja manfaat dari memelihara binatang peliharaan untuk anak. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari memelihara hewan, tidak hanya anak saja yang mendapatkan manfaat itu tapi juga orang tua dan orang-orang di sekitar anak juga akan merasakan dampak dari memelihara hewan.
Emosi Dan Otak Anak Dengan Hewan Peliharaan
Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dan Otak Anak Dengan Hewan Peliharaan

Manfaat pertama yang banyak orang tua tidak mengetahui adalah memelihara hewan di rumah dapat menghindarkan anak dari resiko terkena penyakit asma dan alergi. Kebanyakan orang tua berfikiran bahwa memelihara hewan malah akan membuat anaknya gamang terkena penyakit alergi ataupun asma, anggapan ini salah besar karena anak yang memelihara hewan di rumahnya justru tidak akan mudah terserang penyakit asma dan alergi. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang semakin meningkat ketika anak memelihara hewan. Jadi sebaliknya anak yang tidak mempunyai hewan peliharaan akan mudah terserang penyakit alergi dan asma bahkan penyakit saluran pernafasan lainnya.
Selain itu hewan peliharaan juga dapat membuat anak lebih berani dan percaya diri. Anak yang mempunyai hewan peliharaan akan cenderung lebih berani dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, hewan peliharaan dapat membuat sang pemiliknya menjadi pusat perhatian, secara tidak langsung perhatian inilah yang membuat anak lebih percaya diri dan juga mempunyai sikap berani. Kehadiran hewan peliharaan di rumah akan memberikan rasa aman dan juga nyaman bagi anak, karena secara tidak langsung anak merasa ada yang menemaninya jika orang tua tidak ada di rumah, jadi hewan peliharaan dapat menurunkan tingkat kecemasan anak ketika sedang di tinggal oleh orang tuanya.
Memelihara hewan juga mengajarkan anak pada sikap disiplin dan tanggung jawab. Disiplin dan tanggung jawab ini berupa memberi makan hewan tepat waktu dan juga membersihkan kandangnya. Dengan memelihara binatang secara tidak langsung orang tua sudah mengajarkan pada anak bagaimana sikap disiplin waktu dan juga tanggung jawab pada apa yang dimiliki sang anak. Hewan peliharaan juga dapat mengajarkan sikap empati pada diri anak. Hewan peliharaan juga dapat menenangkan anak yang hiperaktif. Namun orang tua juga harus tetap mengawasi anak dengan hewannya, ajarkan anak untuk bersikap wajar dengan hewan peliharaannya.
Dengan memelihara hewan di rumah dapat dijadikan media anak untuk belajar. Anak tentunya mempunyai daya imajinasinya masing-masing, dengan adanya hewan di rumah daya imajinasi anak akan terus dilatih dan dikembangkan. Biarkan anak untuk bermain dan berimajinasi dengan hewan peliharaannya asalkan tidak menyakiti keduanya baik anak maupun hewannya. Rasa ingin atau sang anak juga dapat berkembang ketika sedang memelihara hewan. Anak juga akan belajar ketekunan ketika sedang mengajarkan hewan peliharaannya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan perintahnya.
Memelihara hewan juga sangat disarankan bagi anda yang mempunyai anak autis. Penelitian sudah membuktikan bahwa hewan peliharaan dapat membantu anak yang menderita autisme belajar. Dengan berinteraksi dengan hewan peliharaan anak-anak akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya. Anak-anak yang menderita autisme akan mengembangkan bahasa non verbalnya dari pada bahas verbalnya, melalui hewan peliharaan tentunya mereka dapat berkomunikasi dengan cara nonverbal dan dapat meningkatkan belajar mereka untuk berhubungan dengan orang lain.

Orang dewasa dan anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dari hewan peliharaan yaitu rileksasi. Penelitian terbaru menyatakan bahwa dengan memelihara hewan di rumah dapat mengurangi stres dan juga membantu rileksasi. Hewan peliharaan juga dapat membantu anak-anak yang kurang dalam belajarnya, dengan memelihara hewan anak akan mudah mengatasi gangguan dari luar dan memberikan anak ketenangan dan juga kesiapan dalam belajar. Anak yang mempunyai hewan peliharaan akan lebih mudah belajar dan mendapatkan ketenangan. Anak dan orang tua juga bisa mendapatkan manfaat yang sama yaitu rileksasi dan menghindarkan diri dari frustasi akibat berbagai masalah yang muncul dalam hidup. So, jangan tunda lagi untuk membelikan anak anda hewan peliharaan. 

Tinggalkan Komentar: