Cara Jitu Membersihkan Bulu Binatang Pada Kain dan Karpet

Anda pencinta binatang berbulu? Kesulitan saat bulu piaraan Anda melekat pada kain atau karpet di rumah Anda? Kucing dan kelinci adalah binatang mamalia. Selama ini, kita sering menyebut sebagai bulu yang menutupi seluruh tubuh kucing atau kelinci, padahal sebenarnya adalah rambut. Rambut binatang yang lazim disebut bulu memang sulit dihilangkan saat melekat pada kain dan karpet. Bahkan saat sudah dicuci pun pakaian kita terkadang masih terdapat sisa-sisa bulu binatang tersebut. Kali ini kita akan membahas tips jitu untuk menghilangkan bulu piaraan pada kain dan karpet.
Bulu Binatang Pada Kain dan Karpet
Cara Jitu Membersihkan Bulu Binatang Pada Kain dan Karpet

Bulu Kucing konon dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan. Oleh sebab itu membersihkan bulu kucing sangat penting dilakukan terutama apabila anggota keluarga ada yang masih bayi atau balita. Anak-anak balita sering terkena penyakit akibat bulu kucing tersebut. Bulu kucing yang rontok tentu sangat mengganggu dan berbahasa bagi kesehatan terutama untuk anak-anak tersebut. Anak-anak tidak seperti orang dewasa, mereka selalu melakukan apa saja yang mereka suka termasuk bermain dengan hewan piaraannya.
Bulu yang berasal dari binatang piaraan memang seringkali membuat stres bahkan frustasi saat membersihkannya. Meskipun demikian tentu Anda tetap ingin memeliharanya bukan? Orang yang hobi memelihara binatang tentu akan sulit apabila hidup tanpa binatang tersebut. Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan bulu membandel tersebut adalah merendam telapak tangan milik Anda. Ambillah spons yang sering untuk mencuci piring di dapur lalu gosokkan pada permukaan kain atau karpet yang terkena bulu binatang. Saat Anda menggosok dengan spons, bulu dengan sendirinya akan mengumpul sehingga mudah dijumput atau diambil dengan tangan.
Cara selanjutnya adalah menggunakan sarung tangan berbahan karet atau lateks. Sarung tangan berbahan lateks akan membuat bulu-bulu binatang menempel padanya. Gosoklah bulu binatang yang ada pada permukaan kain dan karpet dengan sarung tangan tersebut, ulangi berulang kali sampai bulu binatangnya habis. Sarung tangan berbahan kain yang dalamnya ada lapisan karetnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bulu binatang dari kain atau karpet. Cara lainnya adalah dengan menggunakan balon. Permukaan balon memiliki sifat listrik statis, saat balon didekatkan dengan rambut kita, maka rambut kita akan tertarik kepada balon. Karena bulu binatang sebenarnya adalah rambut maka akan berlaku sama, bulu akan tertarik dan terangkat dari kain atau karpet yang sedang Anda bersihkan.
Kain yang lembut juga bisa digunakan untuk mengangkat bulu binatang dari bahan kain dan karpet. Supaya Tidak terlalu frustasi, ada baiknya juga apabila Anda melakukan upaya pencegahan menempelnya bulu pada kain atau karpet yang Anda miliki. Jauhkan segala pakaian dan perabotan berbahan kain yang Anda miliki dari jangkauan binatang piaraan Anda. Lakukan penyedotan secara teratur pada karpet yang Anda miliki yang biasa digunakan oleh binatang piaraan Anda untuk bermain. Gunakanlah isolatik atau selotip atau lem untuk melepaskan bulu membandel. Tekan selotip pada permukaan berbulu sehingga semua bulu akan menempel pada selotip atau lem yang Anda gunakan.

Selain menerapkan cara-cara di atas untuk menghilangkan bulu binatang dari kain atau karpet, saat ini ada terobosan baru yaitu obat penghilang bulu binatang seperti kucing. Bulu kucing yang rontok pada karpet atau kain tentu akan menjadi masalah karena sulit dibersihkan. Selain menggunakan obat, penggunaan penghisap debu juga sangat praktis untuk menghilangkan bulu kucing. Gunakan tisu basah untuk menghilangkan bulu juga ide yang cemerlang karena bulu kucing akan mudah menempel pada tisu basah. Perawatan bulu binatang sangat penting untuk mengurangi kerontokan rambut atau bulu. Sisirlah bulu binatang piaraan Anda untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat sehingga tidak mudah rontok. 

Tinggalkan Komentar: