Maine Coon; Kucing Cantik Berharga Fantastik

Bagi sebagian orang, kucing ibarat sahabat atau bahkan keluarga sendiri. Ia diperlakukan layaknya manusia. Makan disuapi, saat sedang mandi ikut dimandikan, tidur diajak di sampingnya, ketika dandan ikut di make-up juga. Ya, nyaris seperti manusia. Terlebih jika kucing tersebut keturunan indukan yang berkualitas atau bagus. Keberadaan kucing tidak hanya sekadar jadi peliharaan di rumah, melainkan juga sebagai binatang yang diperjual-belikan secara massal dan terbuka di seluruh dunia. Banyak jenis dan tipe kucing beraneka ras dan keturunan yang ada di dunia ini, termasuk di Indonesia. Tingkat kecantikan dan kelucuan dari harimau kecil ini yang menentukan nilai jualnya.
Maine Coon
Maine Coon; Kucing Cantik Berharga Fantastik

Salah satu kucing yang penampilan menawan dan cantik adalah Maine Coon. Kucing satu ini asli keturunan dari indukan kucing di Amerika Serikat. Secara sepintas mungkin tidak ada bedanya dengan jenis kucing di negara kita. Namun, ketika diamati lebih detail, binatang mirip harimau ini sangat cantik dan lucu. Sebab, Maine Coon memiliki bulu yang panjang dan halus. Di samping itu, ekor Maine Coon sangat tebal. Dua hal itu yang membuatnya menjadi terkenal hingga ke berbagai negara. Tidak hanya itu, Maine Coon juga terkenal karena memiliki sifat setia serta pembawaan yang mengasikkan. Mungkin jika ia seorang manusia pasti banyak dicari orang.
Tidak heran jika banyak orang yang ingin memelihara binatang cantik ini. Tetapi, bagaimana perawatannya? Tenang, kucing Maine Coon sangat mudah perawatannya. Memang, Anda mungkin butuh waktu ekstra untuk masalah perawatan bulu. Karena bulunya panjang sehingga membutuhkan perawatan lebih ketimbang jenis kucing berbulu pendek. Baik menyisirnya, membasmi kutunya, maupun kebutuhan keramas. Untuk itu, ada beberapa tip merawat Maine Coon yang tepat dan menyenangkan. Pertama, Maine Coon sebaiknya disikat setiap hari. Pada saat menyikat gunakan sikat yang lembut agar tidak melukai kulit si kucing. Selain itu, hindari tempat kusut. Untuk mandi, usahakan 2 minggu sekali agar Maine Coon semakin terlihat bersih dan cantik.
Kedua, setelah dimandikan sebaiknya Maine Coon dikeringkan rambutnya agar tidak lembab. Jika dimungkinkan menggunakan pengering, gunakan pengering agar bisa merata. Jika tidak ada, gunakan handuk biasa. Namun, ketika kucing merasa takut handuk, cukup Anda letakkan di sudut ruangan yang steril serta kering kurang lebih satu jam. Biasanya, Maine Coon akan menjilat bulunya dengan sendiri sampai kering. Ketiga, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran Maine Coon, berikan makanan kucing yang berkualitas. Kombinasi makanan kering dan basah untuk memaksimalkan tubuhnya. Porsinya bisa disesuaikan secara merata. Keempat, sebagaimana makhluk hidup lain, kucing Maine Coon juga butuh cairan. Untuk itu, berikan asupan cairan secara tepat.
Caranya bisa ditaruh beberapa mangkuk atau wadah lain yang berisi air di sekitar tempat tinggal kucing. Jika di rumah, letakkan sekitar rumah, baik depan maupun belakang. Yang lebih penting lagi, pastikan air harus dalam kondisi segar dan bersih selalu. Kemudian, wadah air juga harus dicuci sebelum dan sesudah digunakan. Kelima, Maine Coon perlu sesekali dilatih mengambil suatu benda berupa tali atau lainnya. Sebab, binatang ini terbilang jinak dan nyaman sehingga mudah untuk dilatih. Jika sudah bagus, harganya bisa fantastis. Bisa jadi mengalahkan harga satu mobil. Hebat bukan? Nah, selanjutnya yaitu kucing Maine Coon harus dipastikan banyak waktu untuk melakukan aktivitas seperti bermain maupun bercengkerama dengan Anda sang pemiliknya.

Dengan begitu, kucing bisa memahami interaksi dengan sekitarnya. Interaksi secara kontinu dengan sekeliling bisa membuat kucing Maine Coon semakin berkembang dan mampu bersosialisasi secara maksimal. Dan akhirnya sang kucing tidak takut dengan orang maupun binatang lain di sekitar. Terakhir, sifat unik dari Maine Coon salah satunya bisa mengganggu setiap Anda melakukan segala aktivitas atau bekerja di rumah. Mengganggu disini bukan selalu mengarah pada hal negatif. Ya, Maine Coon senang mencari tahu tentang hal apa saja yang Anda lakukan. Misalnya, membersihkan meja maupun tempat tidur. Maine Coon pasti penasaran dan ikut membantu. 

Tinggalkan Komentar: