Tips Beternak Kelinci Anggora

Bicara kelinci tentu tidak lepas dengan yang namanya lincah, lucu, dan menggemaskan. Setuju atau tidak, semua kembali ke pribadi masing-masing. Sebab, ada orang yang senang dengan kelinci dan akhirnya menstimulus bahwa kelinci adalah hal yang menggemaskan dan menarik. Namun, bagi yang tidak suka, ya kesannya biasa-biasa saja. Itu semua lebih pada selera. Terlepas dari itu, kelinci merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan. Hewan ini termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae yang sering hidup liar d hutan. Semakin kesini, jenis kelinci semakin beragam yang beredar dan diternakkan di Indonesia. Baik yang dimanfaatkan dagingnya maupun sebagai peliharaan di rumah alias hiasan.
Kelinci Anggora
Tips Beternak Kelinci Anggora

Beberapa jenis kelinci yang banyak ditemui di dunia di antaranya kelinci Anggora, kelinci Lop, kelinci Flemish Giant, kelinci Rex, kelinci Dutch, kelinci English Spot, kelinci Himalayan, kelinci Lion, kelinci Satin, kelinci Netherland Dwarf, kelinci New Zealand, kelinci Hotot, kelinci Harlequin, kelinci Tan, dan lain sebagainya. Dari sekian jenis kelinci, kelinci Anggora termasuk yang banyak diminati orang Indonesia. Biasanya, orang memelihara kelinci ini untuk hiasan. Bahkan, orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama kelinci ini. Ya maklum saja, kelinci Anggora hampir mirip dengan kucing Anggora. Baik secara ciri fisik maupun tanda-tandanya. Bisa dibilang bentuknya agak menyeramkan.
Kelinci Anggora memiliki banyak bulu nyaris di seluruh badannya. Mulai dari kepala hingga kaki hampir rata dengan bulu. Itulah yang menjadi keunikan dan keindahan jenis kelinci ini. Bahkan, banyak orang yang ingin memelihara kelinci Anggora. Namun, tidak dipungkiri kalau banyak orang yang belum tahu gimana cara merawat kelinci Anggora yang benar. Nah, berikut beberapa tips cara merawat kelinci Anggora yang bisa jadi pengetahuan bagi Anda semua. Pertama, pemilihan kandangnya. Sebab, kandang merupakan tempat tinggal untuk kelinci sehingga harus didesain semirip mungkin di habitat aslinya. Dengan begitu, kelinci bisa nyaman dan tidak stres. Di samping itu, kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Kelembaban, kebutuhan sinar matahari, dan kondisi kandang juga perlu dipikirkan.
Kedua, kandang harus disesuaikan dengan ukuran kelinci Anggora. Ukuran kandang harus mengikuti jumlah kelinci yang dipelihara. Jangan sampai kandangnya tidak sesuai dengan jumlah ternaknya. Selain akan membatasi ruang gerak sang kelinci, kelinci juga bisa stres. Selanjutnya, bagian bawah kandang sebaiknya terbuat dari bambu yang dianyam. Hal itu bertujuan untuk kenyamanan kelinci Anggora. Jika tidak demikian, Anda bisa menggunakan anyaman dari tembaga putih yang bisa diperoleh di pasaran. Tujuannya tidak lain agar kotoran maupun sisa rumput sisa ataupun sisa-sisa makanan bisa jatuh ke bawah kandang. Dan itu bisa membuat kelinci nyaman di kandang.
Berikutnya, kelinci Anggora juga perlu diberikan pakan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan kelinci. Pakan tambahan juga bisa menjaga kesehatan dan asupan gizi pada kelinci terpenuhi. Pakan tambahan bisa membuat sendiri atau beli di pasar. Semua tergantung selera Anda. Selain itu, penggunaan pakan tambahan bisa membantu kelinci Anggora terhindar dari beragam penyakit. Sebab, pakan tambahan untuk kelinci sudah diramu untuk membasmi beragam penyakit. Biasanya, pakan tambahan yang sering digunakan adalah pelet. Faktor kesehatan juga menjadi tujuan utama dalam pemberian pelet ini. Terlebih bagi kelinci Anggora yang masih kecil dan butuh pakan bergizi. Di samping itu, pakan tambahan juga bisa menopang perkembangan tubuh sang kelinci.

Terakhir, kelinci Anggora peliharaan Anda perlu dibawa keluar kandang untuk memperoleh udara bebas. Sebab, binatang yang tidak banyak memperoleh udara luar kurang sehat. Apalagi jika binatang tersebut masih dalam proses pertumbuhan. Begitu juga dengan kelinci Anggora, sesekali waktu juga perlu dikeluarkan untuk memperoleh sinar matahari maupun udara bebas. Ya, minimal setiap dua minggu sekali kelinci Anggora dikeluarkan dari kandang. Jika memungkinkan, seminggu sekali akan semakin lebih bagus. Hal itu bisa membuat kelinci menjadi fresh dan segar penampilannya. Di saat dikeluarkan dari kandang, kelinci Anggora juga bisa sambil diberi pakan tambahan sebagai penambah gizi yang baik bagi kelinci Anggora. 

Tinggalkan Komentar: