Cara Merawat Hamster, Hewan Lucu Yang Menggemaskan

Hamster merupakan salah satu hewan yang sangat disukai oleh para penggemar hewan. Hamster adalah binatang kecil yang lucu dan sangat menggemaskan. Hewan ini hampir menyerupai tikus. Namun tikus banyak orang yang malah tidak suka melihatnya, tetapi hamster sangat disukai. Hamster memiliki bentuk tubuh yang kecil tetapi cukup gemuk, memiliki ekor yang sangat pendek dibandingkan dengan badannya. Hamster juga memiliki telinga dan kaki, namun kaki hamster sangat pendek dan gemuk. Tubuhnya diselimuti bulu yang tebal dan panjang. Warna bulu hamster dipengaruhi oleh berbagai jenis spesies hamster. Ada yang berwarna hitam, coklat, putih, abu-abu, merah dan masih banyak lagi warna lainnya.
Cara Merawat Hamster
Cara Merawat Hamster, Hewan Lucu Yang Menggemaskan

Hamster yang paling sering dijadikan hewan peliharaan kebanyakan hamster yang berwarna coklat. Namun ada juga hamster yang memiliki perpaduan warna. Seperti misalnya hamster yang berbulu warna coklat tetapi ada terselip warna putih pada bulunya. Hal ini dapat disebabkan oleh perkawinan silang yang dilakukan oleh pemilik hamster agar dapat menghasilkan keturunan hamster yang memiliki warna bulu campuran. Berbagai jenis hamster yang sering sekali menjadi hewan peliharaan adalah hamster Winter White, Roborovski, Syiran, dan yang paling banyak adalah hamster jenis Campbell. Sering sekali kita temui orang yang berjualan hamster baik di kaki lima ataupun di toko-toko pet shop.
Hamster Campbell memiliki ciri tersendiri yaitu bulu yang dimiliki oleh hamster ini sangat menarik dan bervariasi. Sebenarnya bulu hamster ini memiliki warna kuning gelap kecoklatan dan garis-garis hitam di punggung. Selain itu pada bagian kaki hamster jenis ini terdapat bulu yang panjang, sehingga semakin membuat hewan ini terlihat lucu. Namun hamster jenis ini sering dijuluki dengan hamster galak. Karena memiliki temperamen yang tinggi sehingga sering menggigit orang yang menjahilinya. Tetapi hamster jenis ini dapat dijinakkan bila dipelihara dengan baik. Bahkan jika kita merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang maka hamster ini pun akan menjadi ramah dan jinak.
Harga hamster Campbell sangat bervariasi tergantung dari jenis dan warna bulu yang dimiliki oleh hamster. Untuk hamster Campbell sendiri memiliki beberapa jenis lagi. Jenis ini dibedakan tergantung dari bulu yang dimiliki. Hamster ini berkisar antara Rp 5. 000 hingga jutaan rupiah. Tidak heran banyak orang yang merogoh kocek begitu besar untuk mendapatkan hamster lucu ini. Jenis hamster Campbell yang paling banyak digemari oleh masyarakat adalah hamster jenis Lilic Fawn yang memiliki bulu berwarna coklat muda dan dilapisi dengan warna biru keabu-abuan. Hamster ini juga memiliki garis punggung yang berwarna biru keabu-abuan serta warna daun telinga abu-abu dan mata yang hitam.
Perawatan hamster tidak dapat sembarang, karena hamster juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Sama seperti manusia hamster membutuhkan makanan yang cukup bergizi dan juga membutuhkan udara yang bagus untuk sirkulasi pernafasannya. Oleh karena itu agar hamster tetap menjadi hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan sebaiknya memberikan hamster tersebut makanan seperti biji bunga matahari biji bunga matahari sangat digemari oleh hamster. Karena bentuknya yang kecil dan mudah dimakan oleh hamster. Hamster bergerak sangat aktif, sehingga kini banyak kandang hamster yang telah dilengkapi oleh mainan-mainan hamster.
Hamster akan merasa terganggu bila mendengar suara-suara yang keras. Seperti halnya manusia, hewan ini juga akan merasa terganggu bila mendapat perlakuan yang kasar, karena hal tersebut dapat membuat hamster merasa terancam. Jika dalam keadaan tersebut biasanya hamster akan langsung menggigit orang yang menyentuhnya. Hamster sangat suka tinggal ditempat yang sempit. Karena hamster pada umumnya tinggal di gorong-gorong. Oleh sebab itu banyak juga kandang yang menyediakan pipa kecil untuk hamster bersembunyi. Hamster akan merasa sangat nyaman ketika sedang berada di sebuah terowongan. Bila hamster tiba-tiba hilang atau keluar dari kandangnya, cara mudah mencari hamster adalah mencari di bagian pojok dinding. Karena hamster sangat suka menyentuh dinding. Hal tersebut karena hamster akan merasa aman dari serangan musuh bila berada di dekat dinding.

Bila Anda memiliki 2 hamster, lebih baik hamster tersebut jangan digabung dalam satu kandang. Karena pada umumnya hamster sangat menyukai kebebasan dan kesendirian. Jika ada hamster lain dalam kandang mereka maka kedua hamster itu akan selalu berantem. Hamster mau digabungkan hanya pada saat akan melakukan masa breeding saja. Jika hamster merasa tidak nyaman dengan adanya hamster lain, maka hamster tersebut akan mengeluarkan bau busuk yang berasal dari sekresi perutnya. Selain itu perlu diingat bahwa, hamster sangat menyukai kebersihan. Hal tersebut terlihat dari caranya membersihkan tubuhnya setiap sore hari dengan menggunakan kedua kakinya untuk membelai kepalanya. Untuk membersihkan bagian dada dan perut, hamster sering menjilat pada bagian itu agar tetap bersih. 

Tinggalkan Komentar: