Anjing, Hewan Galak Yang Harus Dilatih Dan Dirawat

Anjing merupakan hewan yang sangat menakutkan. Banyak orang yang memelihara anjing untuk dijadikan sebagai satpam sebuah rumah. Meskipun begitu anjing juga harus dirawat dengan memberi makan serta dibersihkan setia hari. Anjing yang belum terlatih akan menjadi seekor anjing yang sangat galak. Hati-hati jika sedang berada di dekatnya, kapan saja hewan ini marah maka anjing tidak segan-segan untuk menggigit. Anjing merupakan hewan pemakan daging, hewan ini cukup berbahaya. Apalagi jika dengan sengaja mengusik ketenangannya, maka siap-siap berlari kencang bila tidak mau digigit hewan tersebut.
Anjing
Anjing, Hewan Galak Yang Harus Dilatih Dan Dirawat

Anjing juga memiliki perasaan seperti manusia. Oleh karena itu anjing harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Jika merawatnya dengan menggunakan perasaan juga maka anjing akan menjadi jinak. Banyak anjing yang sengaja dilatih untuk menjadi seekor anjing yang pintar. Untuk melatih hewan ini butuh kesabaran dan ekstra kehati-hatian. Karena jika mendapat perlakuan kasar, hewan ini akan sangat menakutkan. Ada berbagai jenis anjing yang ada di Indonesia ini. Ada yang berbulu lebat dan ada juga yang berbulu sedikit. Setiap jenis anjing memiliki sikap tersendiri, ada yang memiliki sifat yang malu-malu tetapi ada juga yang bersifat sangat temperamental.
Untuk melatih anjing yang sangat tempa adalah dengan cara memberinya kasih sayang dan perhatian yang cukup. Kasih sayang merupakan hal yang paling utama dimiliki oleh seseorang yang akan merawat anjing. Karena anjing memiliki perasaan dan sangat membutuhkan kasih sayang. Namun bila merawatnya dengan sembarangan maka anjing juga akan semakin bersifat sangat tempa. Hewan ini bisa saja mengamuk dan tiba-tiba menggigit pemiliknya. Tetapi dengan diberikan kasih sayang dan selalu diperhatikan anjing yang bersifat sangat temperamen pun akan luluh dan menjadi anjing yang penurut.
Anjing akan merasa sangat disayang bila Anda memberikan nama panggilan. Dalam memberi nama panggilan untuk anjing sebaiknya menggunakan nama panggilan yang mudah diingat. Selain itu memberi makan yang teratur serta membersihkannya akan membuat anjing semakin nyaman pada pemiliknya. Ajaklah sesekali anjing untuk berjalan-jalan baik pada pagi hari atau sore hari. Dengan demikian anjing akan sangat merasa senang dan hewan ini dapat melihat dunia luar. Terlebih lagi jika ada teman yang juga memiliki anjing maka dapat mempertemukan kedua anjing tersebut, maka hewan ini akan sangat senang bermain bersama temannya. Selayaknya manusia, anjing juga sangat membutuhkan hal-hal seperti itu.
Untuk melatih anjing harus dengan sangat sabar, karena pada awalnya anjing memang sedikit susah diatur. Namun lambat laun akhirnya anjing juga akan luluh terhadap pemiliknya. Cara melatih anjing yang pertama kali dilakukan adalah melatih anjing agar dapat duduk. Caranya dengan menekan punggung anjing dengan lembut dan perlahan-lahan maka hewan ini akan mengikuti perintah. Untuk mengingatkan tindakan tersebut pada anjing, sebaiknya tindakan tadi diberi nama misalnya “duduk”. Jadi ketika hewan ini mendengar kata tersebut, ia akan mempraktekkan. Bila ia telah melakukan hal tersebut berilah pujian yang dapat membuat anjing merasa senang dengan pujian tersebut. Misalnya Anda memberikan pujian anjing pintar, dengan begitu ia akan semakin menuruti perintah pemiliknya.
Dapat diketahui bahwa anjing merupakan sebuah binatang, banyak hal yang membuat anjing dapat melakukan sesuatu dengan sembarangan. Seperti misalnya saat buang air, hewan ini tidak peduli ia akan membuang kotorannya tersebut ke mana. Oleh karena itu ajarkan anjing untuk melakukan pembuangan kotorannya pada tempat yang telah disediakan. Dengan begitu anjing akan mengikuti apa yang telah diajarkan. Selain itu latihlah anjing Anda mengenali tamu, biasanya anjing akan mengeluarkan gonggongannya pada tamu atau orang yang belum dikenal. Biasanya saat ada tamu yang datang dan anjing tersebut menggonggong, maka segera lihat siapa tamu yang datang. Bila tamu tersebut adalah tamu yang dikenali maka segera hentikan gonggongan tersebut dengan demikian anjing akan mengerti bahwa tamu anda bukanlah orang jahat.

Namun, anjing sangat peka bila suatu hari rumah Anda dimasuki orang jahat, maka anjing tidak akan berhenti menggonggong sampai orang itu pergi. Bila ia merasa terusik maka anjing tersebut akan mengejar orang yang telah mengusiknya tersebut. Anjing yang masih kecil sekitar umur 4 sampai 7 bulan, biasanya masih suka nakal. Ia sering merusak perabotan rumah tangga, memanjat meja makan, atau merusak sofa. Bila hal tersebut dilakukan maka sebaiknya beri peringatan pada anjing tanpa harus menyakitinya, yaitu dengan cara menggulingkan sebuah koran atau buku lalu tunjukkan padanya bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Dengan demikian anjing akan mengerti dan tidak akan merasa tersakiti. 

Tinggalkan Komentar: