Melatih Anjing Dengan Menyenangkan

Memiliki anjing yang penurut memang sangat menyenangkan, tetapi untuk melatih seekor anjing dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Apalagi untuk menghadapi sifat anjing berbeda-beda dan yang paling sulit adalah saat melatih seekor anjing yang memiliki sifat temperamen. Jika salah sedikit saja, maka anjing akan marah, mengamuk dan uring-uringan. Oleh sebab itu latihlah anjing kesayangan Anda dengan cara-cara yang cukup menarik agar anjing juga akan merasa bahwa pemiliknya ternyata sangat menyayangi anjing tersebut. Anjing yang selalu di kurung dalam sebuah kandang akan memiliki rasa bosan juga. Sama halnya dengan manusia anjing juga sangat membutuhkan hiburan.
Melatih Anjing
Melatih Anjing Dengan Menyenangkan

Cara menghibur seekor anjing sangat mudah, yaitu dengan sering mengajaknya bermain atau sekedar jalan-jalan baik pada pagi hari atau sore hari. Bahkan bila seekor anjing bertemu dengan temannya, maka anjing tersebut akan sangat senang. Bermain dengan anjing merupakan hal yang paling menyenangkan bagi penggemar hewan tersebut. Tetapi saat bermain dengan hewan ini juga sangat dibutuhkan kewaspadaan agar tidak sampai menyakiti hewan tersebut. Bermain juga sebenarnya dapat melatih anjing untuk dapat melakukan sesuatu dengan tangkas. Seperti misalnya bermain bola dengan anjing, maka anjing akan mengejar bola tersebut dan kembali bermain. Selain itu anjing sangat senang bermain lempar tulang, dengan demikian ia akan senang melakukan hal tersebut.
Jika akan mengajak anjing untuk berjalan-jalan baik jalan pagi atau sore, hendaknya mengajak lari-lari kecil. Dengan melakukan lari-lari kecil akan membantu menambah stamina dan melatih otot-otot anjing agar tidak kaku. Selain itu sering di bawa ke tempat-tempat seperti pet shop atau salon khusus hewan, akan membuat anjing merasa sangat disayang. Sesekali ajaklah seekor anjing ke salon khusus hewan untuk sekedar membersihkan atau memotong rambut anjing yang sudah panjang. Selain itu lakukan banyak perawatan yang ditawarkan oleh salon yang dapat memanjakan anjing anda. Seekor anjing memiliki indera penciuman yang cukup kuat. Apalagi untuk mencium bekas jejak kaki orang yang baru saja menjahilinya.
Oleh sebab untuk semakin memberikan variasi bau yang ada pada suatu hal, maka Anda dapat mengajari hewan ini untuk mencium berbagai hal. Pada umumnya seekor anjing dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh pemiliknya. Maka untuk melatih Anjing sebaiknya dilakukan secara bersama-sama. Jadi jika Anda melakukan sesuatu seekor anjing pun akan mengikutinya, seperti misalnya menonton tv. Untuk membuat suatu hubungan keakraban pada anjing dapat dilakukan dengan cara mengajaknya melakukan sesuatu yang sangat menyenangkan. Tetapi hal tersebut harus juga diikuti dengan pemberian makanan. Sama halnya seperti manusia anjing juga membutuhkan makan dan minum untuk melangsungkan kehidupannya.
Untuk tetap menjaga kesehatan anjing, sebaiknya berikan makanan dan minuman yang bergizi. Seperti misalnya memberikan susu khusus anjing pada anjing peliharaan atau dengan memberikan makanan kesukaan anjing tersebut. Sebagai pemilik, kita harus dapat mengetahui perkembangan anjing seperti misalnya memperhatikan pertumbuhan rambut dan kuku anjing. Bila rambut anjing sudah mulai terlihat sangat panjang, maka lebih baik untuk dipotong sedikit agar anjing tetap terlihat lucu dan menggemaskan. Seperti apapun bentuk anjing dan bagaimanapun cara melatihnya tetap saja sifat asli anjing sangat mengerikan.
Usahakan dengan terus memberinya kasih sayang agar anjing selalu merasa bahwa sang pemilik memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap seekor anjing tersebut. Banyak orang yang mengatakan bahwa anjing yang memiliki keakraban yang sangat erat dengan pemiliknya, maka seekor anjing tersebut dapat mengikuti apa yang sedang Anda rasakan. Seperti misalnya perasaan hati pemilik anjing hari ini sangat senang maka raut wajah anjing tersebut juga akan memperlihatkan wajah yang senang. Begitu juga sebaliknya, jika pemilik sedang ada dalam suasana hati yang sedih, maka anjing akan memperlihatkan raut wajah yang sedih juga. Seekor anjing yang sudah terbiasa bersama dengan pemilik yang telah melatihnya, jika berpindah tangan kepemilikan dan mendapat perlakuan yang berbeda maka seekor anjing juga akan merasa sangat kehilangan.

Oleh sebab itu jika Anda memutuskan untuk memelihara seekor anjing, sayangilah hewan tersebut. Karena bagaimanapun juga seekor anjing merupakan ciptaan Tuhan yang harus dirawat dan diperlakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian hewan pun akan merasa bahwa dirinya merasa beruntung memiliki majikan yang kasih sayangnya luar biasa pada hewan peliharaan. Bahkan jika Anda memelihara hewan lain selain anjing tersebut dan memberikan kasih sayang yang sama, maka kedua hewan tersebut tidak akan saling memangsa, bahkan akan dapat saling menyayangi satu sama lain meskipun terdapat perbedaan jenis hewan yang dipelihara. 

Tinggalkan Komentar: